Bermasalah Dengan Transmisi Motor YZF-R1 dan YZF-R1M Ditarik Yamaha

18.00


Yamaha menarik kembali (recall) seluruh model YZF-R1 dan YZF-R1M lansiran 2015. Penarikan ini, menurut pabrikan asal Jepang tersebut, adalah karena adanya potensi kerusakan pada gearbox.

Melansir Motorcyclenews, Rabu (23/12/2015), kekuatan kerusakan pertama kali diketahui mempengaruhi model yang dijual di Amerika & Kanada, beberapa minggu yang lalu. Menyusul kemudian di Inggris. Sementara itu, pikir laman Auto NDTV, pengumuman recall untuk model yang sama juga baru dilakukan oleh Yamaha India.

Di AS, pemilik motor sport tersebut disarankan untuk tidak mengendarai tunggangannya terlebih dulu sampai ada pemberitahuan lanjutan. Sementara dalam Inggris serta India belum ada publikasi serupa.


Dijelaskan, recall awalnya dikeluarkan karena desain transmisi rusak. Diketahui, roda gigi kedua dan pinion bisa patah saat mesin dijalankan karena pergeseran yang tidak tepat.

"Hal itu disebabkan sebab kekuatan komponen yang bukan memadai dan konsentrasi tegangan. Selain itu, kekuatan roda ketiga dan keempat mungkin pula cacat, " tulis surat pemberitahuan recall dari Yamaha AS.

Dijelaskan lebih lanjut, jika perpindahan kontrol gagal, maka transmisi dapat mengunci. Ini membuat pengemudinya kehilangan kontrol, dan berakibat pada kecelakaan.


Yamaha akan memberitahukan perintah penarikan pada setiap konsumen yang motornya terindikasi rusak. Mereka hanya tinggal membawa tunggangannya ke dealer terdekat. Perbaikan bukan dipungut biaya sepeserpun.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »