Tiongkok Perkenalkan Batrai Super Untuk Mobil Tenaga Listrik

17.37




Tiongkok adalah salah satu negara yang ambisius dalam mengembangkan mobil listrik. Pemerintahnya punya visi, bahwa lima juta mobil listrik akan mengaspal di sana lima tahun lagi.

Untuk mencapai visi tersebut, sekelompok ilmuwan terus melakukan riset dalam pengembanganya. Baru-baru ini, riset itu membuahkan hasil. Mereka mengklaim berhasil menyemaikan baterai dengan kapasitas super.

"Kami mampu membuat karbon superkapasitor jauh lebih baik, " ujar Huang Fuqiang, seorang ahli kimia dari Shanghai Institute of Ceramics, dikutip dari china. org. cn, Kamis (24/12/2015).

Dijelaskan, baterai ini dibuat dengan campuran nitrogen dan graphene (material paling tipis dalam dunia, tapi paling kuat. Lebih kuat daripada baja, tapi juga kian ringan).

Baterai super ini memungkinkan kendaraan listrik melaju hingga 35 kilometer hanya dalam waktu pengisian selama tujuh detik. Seluruh dampak riset ini dipublikasikan melalui jurnal penelitian.

Lembaga yang sama juga telah melaksanakan riset baterai dari magnesium. Sayangnya, penelitian itu sulit dikembangkan karena kurangnya elektrolit tegangan tinggi.

Seluruh pikiran ini didukung oleh Hundred Talents, sebuah program dari Chinese Academy of Sciences, National Natural Science Foundation of China, dan China Postdoctoral Science Foundation.

Share this

Related Posts

First